Dalil Puasa di Bulan Rajab dan Fadhilahnya



Tak terasa kita sudah memasuki bulan Rajab ke enam, kita tahu bahwa salah satu bulan yang diharamkan oleh Allah SWT adalah bulan Rajab. Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang disukai Nabi Muhammad SAW selain bulan Ramadhan dan Sya'ban.

Namun apakah puasa di bulan Rajab ini ada dalilnya? Ulama besar Al Hafidh Imam Nawawi menjelaskan bahwa puasa di bulan rajab tidak ada dalil kuatnya namun tak ada pula larangannya, namun asal muasal dari hukum puasa adalah sunnah, diriwayatkan dalam sunan Abi Dawud bahwa Nabi menyunnahkan puasa di bulan haram dan rajab termasuk padanya (Syarh Nawawi ala shahih Muslim Juz 7 hal 60) dan berkata Al Hafidh Imam Assyaukaniy bahwa disunnahkannya puasa di bulan rajab (Naylul Awthar Juz 4 hal 333).



Untuk ketentuan puasa di bulan Rajab terdapat beberapa perbedaan. Namun yang shohih adalah tidak ada batasan berpuasa di bulan Rajab. Bahkan ada sebagian ulama' yang sudah berpuasa mulai bulan Rajab, Sya'ban dilanjutkan dengan Romadhon.

Fadhilah atau keutamaan puasa di bulan Rajab memang tidak teriwayatkan dalam hadist Shohih, tetapi banyak di hadist-hadist dhoif. Namun hadist dhoif ini bisa diamalkan karena derajatnya tidak sampai Mardud (Palsu). Al Hafidh Imam Nawawi menjelaskan bahwa sebagaimana Rasul saw menyukai puasa di bulan haram, dan rajab adalah termasuk bulan haram, maka puasa di bulan rajab adalah mulia, 

Juga hadist Nabi SAW "Barangsiapa berpuasa di bulan haram (rajab adalah salah satu dari bulan haram) pada hari kamis, jumat dan sabtu, maka baginya pahala Ibadah 60 tahun" (Majmu' zawaid juz 3 hal 191)

Mumpung masih panjang bulan Rajab ini, Yuk sobat lidahwali, manfaatkan kesempatan meraih Ridho Ilahi... Semoga bermanfaat.. 





Dalil Puasa di Bulan Rajab dan Fadhilahnya Reviewed by Jacklyn On Senin, 05 Mei 2014, at 22.16
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Dalil Puasa di Bulan Rajab dan Fadhilahnya" by Jacklyn pada tanggal Senin, 05 Mei 2014 waktu 22.16, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Dalil Puasa di Bulan Rajab dan Fadhilahnya Semoga informasi yang memuat artikel Dalil Puasa di Bulan Rajab dan Fadhilahnya bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: