Cara Servis Monitor LG Mati Bunyi Tik Tik



Pernahkan sobat mengalami kejadian monitor khususnya yang CRT tiba-tiba mati? Sewaktu dihidupkan bunyi seperti lagu anak-anak tik tik tik bunyi hujan diatas genting.. hehe.. bercanda. Nah, itu berarti ada masalah di bagian power supply.



Biasanya yang diserang adalah rangkaian power supply sekunder yang terblokir. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti eco regulator 5 volt. Berikut tutorial dan langkah-langkah untuk memperbaiki LG monitor tipe 505G dan 700 s:

1. Buka tutup monitor.

2. Cari trafo Power supply yang paling besar sendiri.

3. Cari jalur sekunder trafo yang outputnya 5 volt.
Perlu diketahui bahwa tegangan 5 volt ini digunakan untuk menggerakkan IC Utama dari LG 505G ini. Kalau tegangan ini berubah sedikit saja pasti monitor akan mati dan berbunyi tik tik tik .... karena IC bekerja tidak sempurna sehingga rangkain power saving akan tidak normal. Berubahnya tegangan 5 volt ini disebabkan oleh Elco filter / regulator yang kering / aus. Hanya saja biasanya kerusakan tidak terlihat secara fisik sehingga terkadang menyulitkan untuk mengetahui letak kerusakan. Anda tidak usah bingung, lepas saja elco untuk regulator 5 volt ini dan ganti dengan yang baru.

4. Nyalakan monitor. dan OK

5. Berhasil


Do it with your own risk ya sob..





Cara Servis Monitor LG Mati Bunyi Tik Tik Reviewed by Jacklyn On Selasa, 20 Mei 2014, at 20.13
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Cara Servis Monitor LG Mati Bunyi Tik Tik" by Jacklyn pada tanggal Selasa, 20 Mei 2014 waktu 20.13, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Cara Servis Monitor LG Mati Bunyi Tik Tik Semoga informasi yang memuat artikel Cara Servis Monitor LG Mati Bunyi Tik Tik bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: