Resep Cara Membuat Jenang / Bubur Sumsum Asli Solo



Bubur sumsum atau yang biasa disebut jenang sumsum ini memiliki cita rasa yang dominan manis dan gurih. Biasanya di kota Solo dan Jogja pasti banyak yang menjual bubur sumsum ini. Bahan dasar dari jenang ini adalah tepung beras dengan saus kelapa atau bahasa jawanya "juruh".


Ciri khas dari jenang sumsum adalah kelembutan tekstur nya. Jadi tepung beras memang harus dipilih yang benar-benar halus dan tidak menggumpal. Makanan khas daerah Solo ini memang kaya akan karbohidrat. Baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa. Bahkan balita pun bisa mengkonsumsinya tanpa saos kelapa.

Tertarik ingin tahu resep jenang sumsum ini? Oke, LidahWali mempersiapkannya untuk anda:

Resep Jenang Sumsum Nangka ala LidahWali

Bahan yang digunakan:
  • 25 gr tepung beras
  • 250 ml santan, dari ¼ butir kelapa
  • ½ sdt garam
  • 1 lbr daun pandan 

Topping dan Saus:
  • 100 gr nangka, potong-potong
  • 100 gr kelapa muda
  • sirop gula merah kental

Cara membuatnya:

Larutkan tepung beras tadi ke setengah santan yang dignakan dan aduk rata. Kemudian rebus sisa santan tadi dengan menambahkan garam dan daun pandan secukupnya. Setelah harum, bisa memasukkan larutan tadi menjadi satu dan aduk hingga kental.

Siapkan mangkuk dan taruh bubur tadi. Beri topping atau bahan pelengkap dan saus kelapa / juruh. Siap dihidangkan.

Jenang sumsum ini enak sekali jika disajikan sewaktu masih panas. Atau bisa juga ditambahkan es batu bagi yang senang dingin.

Demikian resep jenang sumsum yang bisa anda coba di rumah. Jika ada tambahan mengenai resep ini, silakan komen di bawah ya sob..





Resep Cara Membuat Jenang / Bubur Sumsum Asli Solo Reviewed by Jacklyn On Senin, 03 Maret 2014, at 08.42
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Resep Cara Membuat Jenang / Bubur Sumsum Asli Solo " by Jacklyn pada tanggal Senin, 03 Maret 2014 waktu 08.42, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Resep Cara Membuat Jenang / Bubur Sumsum Asli Solo Semoga informasi yang memuat artikel Resep Cara Membuat Jenang / Bubur Sumsum Asli Solo bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: