Harga Gas Elpiji 12 KG Naik Di Awal Tahun 2014



Di awal tahun 2014 ini ada kebijakan dari Pertamina yang sontak membuat para pedagang terkejut. Iya, harga gas 12 Kg naik sekitar 67 - 100 persen. Makanya para pedagang mencoba untuk beralih ke tabung gas ukuran 3 Kg. Itupun juga sudah dibatasi dan susah sekali mencarinya.

Seperti dilansir di Tribunnews.com, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menilai bahwa pemerintah khususnya Pertamina sangat gegabah dalam menentukan kenaikan harga LPG tersebut.

“ Pertamina kurang cermat dalam memperhitungkan dampak kenaikan harga jual LPG. Dari tinjauan kami di lapangan, kenaikan harga LPG bukan lagi di kisaran 67 persen tapi sudah lebih dari 100 persen,” papar Ketua Umum BPP HIPMI Raja Sapta Oktohari, Jumat(3/1/2014).

Di level pengecer, Lanjut Okto, harga LPG saat ini sudah tembus di atas harga Rp150.000 untuk 12 kg, dari yang awalnya berada di kisaran Rp 75.000,-. “ Jadi kenaikan harga LPG saat ini menjadi variatif. Bahkan anggota kami di Papua melaporkan kalau harga LPG 12 kg disana sudah menyentuh harga Rp 300 ribu-an. Artinya Pertamina tidak bisa memastikan pembentukan harga baru di level eceran,”lanjutnya.

Dia meyakini jika kenaikan harga LPG ini akan berdampak pada lonjakan inflasi di awal 2014 ini. “ Desember 2013 kan faktor utama yang mempengaruhi inflasi kan makanan dan bahan makanan. Kalau begini bisa bener-bener mid income trap,” papar Okto.

Hal ini cukup beralasan mengingat pasca kenaikan harga LPG non Subsidi, konsumen kelas menengah yang awalnya menggunakan LPG 12 Kg akan beralih ke LPG 3kg. Hal ini terbukti dengan semakin langkanya LPG 3 kg. Apalagi, Pertamina sampai saat ini belum ada mekanisme control yang jelas untuk menjamin LPG bersubsidi tepat sasaran.

Oleh karenanya dia berharap, Pertamina bisa me-review kenaikan harga LPG.“ HIPMI Menolak kebijakan Pertamina menaikkan harga LPG. Sebagai BUMN, Pertamina bukan orientasi di laba saja. Namun juga memiliki kewajiban Public Services Obligation (PSO). Jangan sampai, karena orientasi di laba, malah merusak daya beli masyarakat,”






Harga Gas Elpiji 12 KG Naik Di Awal Tahun 2014 Reviewed by Jacklyn On Sabtu, 04 Januari 2014, at 18.39
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Harga Gas Elpiji 12 KG Naik Di Awal Tahun 2014" by Jacklyn pada tanggal Sabtu, 04 Januari 2014 waktu 18.39, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Harga Gas Elpiji 12 KG Naik Di Awal Tahun 2014 Semoga informasi yang memuat artikel Harga Gas Elpiji 12 KG Naik Di Awal Tahun 2014 bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: