Hari Penentuan Arah Kiblat



Pada tanggal 28 Mei 2014 ini, adalah hari yang bisa anda sebut sebagai fenomena alam. Yang mana pada hari tersebut tepatnya jam 16.18 WIB matahari tepat di atas ka'bah. Sehingga kamu bisa mencoba untuk meletakkan benda pada jam tersebut, otomatis akan mengarah ke Kiblat.



Seperti yang dilansir detik.com, Wakil Rois Syuriah PWNU Jateng, KHM Dian Nafi, mengatakan sebagai akibat dari peredaraan semu perlintasan matahari maka setiap tahun selalu terjadi peristiwa di mana matahari tepat di atas kawasan tertentu di bumi pada jam tertentu pula.

Pada tahun ini matahari akan tepat berada di atas Ka'bah pada tanggal 28 rajab atau 28 Mei 2014 pada pukul 16.18 WIB. Hal tersebut akan terulang pada ‎16 juli mendatang pada pukul 16.27 ‎WIB.

"Dalam tradisi muslim disebut yaumu rashdil qiblat (hari penetapan kiblat). Nanti pada pukul 16.18 WIB seluruh bayangan benda tepat mengarah ke kakbah. Biasanya akan digunakan oleh kalangan muslim, terutama muslim tradisional, untuk membenahi lagi arah kiblat masjid karena kemungkinan setiap saat ada pergeseran di bumi yang ikut menggeser kiblat yang sebelumnya telah lurus, misalnya akibat gempa bumi dan sebagainya," papar Gus Dian.

Gus Dian mengatakan fenomena seperti itu harus dipahami sebagai salah satu metode untuk menentukan navigasi dan perhitungan-perhitungan alam.

Penetapan kiblat melalui arah matahari pada saat tertentu itu hanyalah salah satu metode, namun diyakininya penetapan arah kiblat itu akan sangat tepat karena sesuai dengan pedoman alam yaitu arah bayangan benda oleh sinar matahari yang tidak mungkin bisa dibelokkan.

Semoga bermanfaat..





Hari Penentuan Arah Kiblat Reviewed by Jacklyn On Rabu, 28 Mei 2014, at 12.17
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Hari Penentuan Arah Kiblat" by Jacklyn pada tanggal Rabu, 28 Mei 2014 waktu 12.17, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Hari Penentuan Arah Kiblat Semoga informasi yang memuat artikel Hari Penentuan Arah Kiblat bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: