Contoh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Meurut Ahli



Model pembelajaran Jigsaw adalah suatu teknik untuk mengurangi kendala konflik sosial dan ras yang membuat para siswa menjadi malu atau kurang maksimal dalam pembelajaran atau interaksi study mereka. Model Jigsaw ini juga bisa memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar dan mengajar. Pertama kali model pembelajaran ini diperkenalkan pada tahun 1970 oleh Elliot Aronson dan murid-muridnya di Universitas Texas dan California.

Tekhnik Pembelajaran Jigsaw

Pembelajaran Kelas model Jigsaw adalah tekhnik pembelajaran dengan tujuan agar para murid bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran mereka. Dengan melalui media seperti PUzzle, diharapkan setiap murid atau siswa memiliki diharapkan mampu/menguasai dan bertanggung jawab atas tugas atau materi yang akan dipresentasikan oleh tim nya.

Penerapan pembelajaran kelas dapat dimulai dengan 10 langkah berikut:

  1. Bagi siswa menjadi 5 - 6 grup. Setiap grup harus dibedakan dalam hal gender, etnik, ras dan kemampuan bidang.
  2. Setiap grup harus menunjuk satu pemimpin. Biasanya yang lebih dewasa.
  3. Bagi pembelajaran menjadi 5 -6 segmen. COntohnya Jika anda ingin membahas tokoh sejarah seperti Bung Karno, maka anda bisa membagi biografi Bung Karno menjadi 5 segmen. (1) Anak-anaknya, (2) Kehidupan Keluarganya bersama anak dan istri, (3) Peran Bung Karno dalam Kemerdekaan Indonesia, (4) Konflik setelah proklamasi kemerdekaan, (5) Akhir masa Bung Karno yang digantikan dengan orde Baru.
  4. Tugaskan kepada para siswa untuk memilih satu segmen dan fokuskan pembahasan pada segmen itu.
  5. Beri waktu para siswa untuk memahami segmen yang mereka pilih, tidak harus hafal, tapi memahami lebih penting.
  6. Bentuk sementara "kelompok ahli" dengan memilih satu siswa dari setiap kelompok jigsaw bergabung dengan siswa lain yang ditugaskan untuk segmen yang sama. Beri siswa waktu kelompok ahli ini untuk mendiskusikan poin-poin utama dari segmen mereka dan berlatih presentasi.
  7. Siswa kembali ke grup Jigsaw masing-masing.
  8. Tugaskan setiap murid untuk mempresentasikan grup nya. Bisa saling mengajukan pertanyaan ke grup lain.
  9. Amati proses pembelajaran ini, jika ada suatu kendala dalam salah satu grup, guru bisa memberikan penjelasan atau bantuan materi sampai pemimpin grup itu bisa meng handle lagi.
  10. Pada akhir sesi, berikan kuis dari materi yang dipresentasikan agar para siswa terpacu untuk belajar. Sehingga kegiatan belajar mengajar ini bukanlah sekedar game atau bersenang-senang saja.

Itulah proses KBM pembelajaran model kooperatif Jigsaw yang biasanya di contohkan di bangku perkuliahan. Semoga bermanfaat dan maju terus pendidikan Indonesia.





Contoh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Meurut Ahli Reviewed by Jacklyn On Jumat, 24 Januari 2014, at 20.27
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Contoh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Meurut Ahli" by Jacklyn pada tanggal Jumat, 24 Januari 2014 waktu 20.27, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Contoh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Meurut Ahli Semoga informasi yang memuat artikel Contoh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Meurut Ahli bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: