Kapan Puasa Syawal 6 Hari dan Manfaatnya




Apa itu Puasa Syawal? Kapan dan Bagaimana tatacara melaksanakannya? Pada postingan yang pertama ini, LidahWali akan berbagi info tentang amalan di bulan yang mulia ini sesudah Romadhon yaitu bulan Syawal.


Puasa di bulan Syawal banyak sekali fadhilahnya, sebagaimana sabda Rasulullah S.A.W
Barangsiapa yg berpuasa ramadhan dan mengikutinya dg 6 hari puasa di bulan syawal, maka seakan puasa sepanjang tahun (Shahih Muslim hadits no.1164). 
Untuk itu, jangan disia-siakan ya Sob kesempatan ini mumpung masih lama nih akhir bulannya.


Kemudian kapan ya waktunya? mengenai waktunya, boleh di awal, boleh ditengah, atau diakhir, namun Ulama ulama dan guru guru kita melakukannya mulai di hari 2 syawal (hari lebaran kedua).

Namun adakalanya sewaktu melaksanakan Shoum Syawal, banyak saudara-saudara yang datang ke rumah kita, kemudian bagaimana kita menjamunya sementara kita sedang berpuasa? Untuk hal ini, ada dua pilihan menurut saya, pilihan yang pertama: Jika hal ini membuat para tamu enggak enak hati maka batalkanlah, dan qodho pada hari Syawal lainnya karena masih ada waktu sampai akhir Syawal.

Pilihan yang ke dua, jika anda berniat untuk mendakwahkan puasa Syawal, maka katakanlah Saya Puasa Syawal, fadhilahnya seperti puasa setahun penuh... dst, dst..

Jikalau takut nantinya ada Riya' jangan difikirkan, pasrahkan pada Allah SWT.

Demikian Sobat LidahWali tercinta, seputar Amalan Puasa di bulan Syawal ini, semoga bermanfaat dan barokah. Amin...





Kapan Puasa Syawal 6 Hari dan Manfaatnya Reviewed by Jacklyn On Selasa, 13 Agustus 2013, at 10.08
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Kapan Puasa Syawal 6 Hari dan Manfaatnya " by Jacklyn pada tanggal Selasa, 13 Agustus 2013 waktu 10.08, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Kapan Puasa Syawal 6 Hari dan Manfaatnya Semoga informasi yang memuat artikel Kapan Puasa Syawal 6 Hari dan Manfaatnya bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg