Cara Pendaftaran SNMPTN 2014 Online, Undangan dan Tulis



Informasi tata cara pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2014 sudah dibuka pada hari ini tepatnya tangal 17 Februari - 31 Maret 2014. Untuk itu LidahWali sampaikan bagi yang sudah lulus SMK/SMA/MA dan MAK dapat segera mendaftar baik secara online maupun undangan.

SNMPTN 2014
Proses Verifikasi Kepala Sekolah dan Siswa

Untuk pendaftaran online, syaratnya adalah instansi sekolah harus memiliki rekam jejak akademik setiap siswa (PDSK) yang berhak untuk melakukan proses seleksi ini. Kemudian anda tinggal memasukkan NISN dan Password pada form log-in yang ada web SNMPTN online tersebut sehingga bisa melengkapi data-data yang dibutuhkan dan kejuruan yang dipilih pada kolom isian

Untuk itu pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah juga harus melakukan pengisian data sekolah dan siswa di web http://pdss.snmptn.ac.id/ untuk mendapatkan password yang nantinya digunakan siswa untuk proses verifikasi. Kemudian siswa juga harus melakukan verifikasi dengan NISN dan Password yang telah diberikan kepala sekolah. Isi verifikasi tersebut adalah rekam jejak nilai rapor yang telah disetujui dan disahkan oleh kepala sekolah. Harap diingat bahwa dalam proses verifikasi ini, siswa diharapkan untuk jeli, karena data tersebut apabila telah diverifikasi siswa dianggap telah mutlak, dan tidak bisa di edit ulang setelah waktu verifikasi usai.

Proses Pendaftaran Siswa

Selanjutnya ke tahapan pendaftaran. Di sini siswa bisa langsung masuk ke web http://www.snmptn.ac.id dengan memasukkan NISN dan password yang telah diberikan kepala sekolah saat verifikasi tadi. Kemudian siswa mengisi dan memenuhi persyaratan antara lain:
  1. Pengisian Biodata Siswa
  2. Pemilihan PTN
  3. Pemilihan Program Studi
  4. Pengunggahan / Upload: Pas foto resmi dan dokumen atau ijasah prestasi ekstrakulikuler.
  5.  Khusus siswa pelamar Olahraga dan Seni, diharuskan mengunggah dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah.
Setelah proses tahapan pendaftaran diatas selesai, anda bisa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai kartu peserta SNMPTN.

Dan berikut jadwal lengkap SNMPTN tahun 2014:

Pengisian PDSS 6 Januari – 6 Maret 2014
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran 17 Februari – 31 Maret 2014
Proses Seleksi 1 April – 26 Mei 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Mei 2014
Pendaftaran Ulang di PTN
masing-masing bagi yang lulus seleksi
17 Juni 2014
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Perlu diperhatikan bahwa selama mengikuti proses pendaftaran sampai seleksi SNMPTN ini, baik online maupun jalur tulis, siswa tidak dikenakan biaya karena sudah ditanggung oleh Pemerintah.

Nb. Mungkin anda masih bingung apa yang dimaksus proses seleksi PTN dengan Jalur Undangan, Tulis dan Mandiri? Seleksi PTN melalui jalur tulis lebih dikenal dengan nama SBMPTN, berikut perbedaan ketiganya:

SNMPTN
• Berdasar Prestasi Akademik Siswa (Rapor, Hasil UN, dan prestasi yang lain).
• Biaya ditanggung Pemerintah.
• Minimal 50% kuota daya tampung setiap PTN/Prodi.
Informasi umum SNMPTN dapat dilihat pada laman web berikut: http://www.snmptn.ac.id/informasi.html?20131217-2
SBMPTN
• Berdasarkan hasil tes tertulis/keterampilan.
• Biaya disubsidi oleh Pemerintah.
• Pelamar Bidikmisi tidak dipungut biaya.
• Minimal 30% kuota daya tampung setiap PTN/Prodi.
MANDIRI
• Diserahkan sepenuhnya kepada setiap PTN.
• Biaya dibebankan kepada peserta.
• Maksimal 20% daya tampung setiap PTN/Prodi.

Demikian informasi yang dapat LidahWali sampaikan terkait Pendaftaran SNMPTN 2014 yang sudah mulai dibuka hari ini. Jangan sampai terlewatkan ya kesempatan yang satu ini untuk menggapai cita-cita dan prestasimu kelak... Terimakasih, dan semoga bermanfaat.





Cara Pendaftaran SNMPTN 2014 Online, Undangan dan Tulis Reviewed by Jacklyn On Senin, 17 Februari 2014, at 06.15
Rating: 5 5
JacklynSaat ini anda sedang membaca artikel "Cara Pendaftaran SNMPTN 2014 Online, Undangan dan Tulis" by Jacklyn pada tanggal Senin, 17 Februari 2014 waktu 06.15, dalam kategori . Terimakasih telah membaca postingan saya tentang Cara Pendaftaran SNMPTN 2014 Online, Undangan dan Tulis Semoga informasi yang memuat artikel Cara Pendaftaran SNMPTN 2014 Online, Undangan dan Tulis bisa berguna bagi Anda semuanya.

Posted by: Jacklyn

Simak Lainnya:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar: